Top Ad unit 728 × 90

Begini Akibatnya Jika Naik Haji Pakai Uang Haram

Tiap umat islam yang mempunyai keahlian, baik secara raga dan juga modul diharuskan kepadanya buat melakukan ibadah haji. dan juga sudah sepatutnya untuk tiap muslim buat bersungguh - sungguh dalam menunaikan ibadah haji supaya memperoleh predikat haji mabrur.

AL hafidz ibnu hajar dalam kitab fathul bari syarah shahih bukhari menarangkan, kalau yang diartikan haji mabrur merupakan haji yang diterima oleh allah subhanahu wa ta’ala, karna ibadah hajinya dicoba dengan benar dan juga serius dan memakai bekal yang halal, suci dan juga bersih.

tetapi, gimana jadinya bila ibadah haji dicoba dengan memakai duit haram? misalnya duit korupsi ataupun hasil mencuri.

ketahuilah, bila seorang berangkat haji ke makkah dengan memakai duit haram, hingga risiko ini yang hendak ditanggungnya nanti. apa itu?

sebagaimana dipaparkan dalam kitab fathul bari, berhaji ke baitullah bila memakai duit haram hingga ibadah hajinya tidak diterima oleh allah subhanahu wa ta’ala, terlebih lagi pelakunya tidak hendak memperoleh pahala sama sekali. dan juga malah malah mendatangkan dosa kepadanya.

walaupun secara praktek lahiriah benar dan juga legal. tetapi allah tidak menerima suatu kecuali yang halal. serupa yang sudah disabdakan oleh rasulullah shallallahu alaihi wasallam,

“sesungguhnya allah itu baik, allah tidak menerima kecuali yang baik” (hr. muslim 1015)

perihal ini pula diperkuat oleh sabda dia, “jika seorang berangkat menunaikan haji dengan pengeluaran dari harta yang halal dan juga setelah itu mengucapkan, ‘labbaikallaahumma labbaik. ’

hingga mengatakan penyeru dari langit, ‘allah menyongsong dan juga menerima kedatanganmu dan juga mudah - mudahan kalian berbahagia. pembekalanmu halal, pengangkutanmu pula halal, hingga hajimu mabrur, tidak dicampuri dosa. ’

kebalikannya, bila dia berangkat dengan harta yang haram, dan juga dia mengucapkan, ‘labbaik. ’ hingga penyeru dari langit berseru, ‘tidak diterima kunjunganmu dan juga engkau tidak berbahagia. pembekalanmu haram, pembelanjaanmu pula haram, hingga hajimu ma’zur (mendatangkan dosa) dan juga sama sekali tidak diterima. ’ (hr. thabrani)

terlebih lagi sebagian ulama dari madzhab hambali melaporkan kalau haji yang memakai duit haram hukumnya tidak legal. terlebih lagi kewajiban seorang yang mau berangkat haji dengan memakai duit haram jadi gugur.

dan juga karna karena seperti itu seorang yang berangkat haji dengan duit haram hendak percuma aja dan juga menanggung dosa karna memakai duit haram.






( sumber: muslimnews. id )
Begini Akibatnya Jika Naik Haji Pakai Uang Haram Reviewed by Unknown on Agustus 27, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by MencariSenja © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.