Top Ad unit 728 × 90

Sebesar Apa pun Dosamu, Percayalah Allah Maha Pengampun

Tiap anak adam tentu sempat melaksanakan dosa. baik itu dosa kecil ataupun dosa besar. terlebih lagi dosa - dosa besar yang bisa jadi secara kasat mata tidak hendak sempat terampuni. sementara itu, mengerti kah kamu kalau allah mengampuni seluruh wujud dosa bila kita bertaubat.

terlebih lagi kala kita menghadap allah dengan tumpukan dosa yang begitu menggunung. tetapi bila kita bertaubat, hingga allah lebur seluruh dosa - dosanya.

suatu hadits yang pantas jadi renungan, anas bin malik menggambarkan kalau rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, allah ta’ala berfirman:

”wahai anak adam, sebetulnya bila engkau menyeru dan juga mengharap pada - ku, hingga tentu saya ampuni dosa - dosamu tanpa saya pedulikan. wahai anak adam, seandainya dosamu membumbung besar sampai ke langit, tentu hendak saya ampuni, tanpa saya pedulikan. wahai anak adam, seandainya seandainya engkau mendatangi - ku dengan dosa sepenuh bumi dalam kondisi tidak berbuat syirik sedikit juga pada - ku, tentu saya hendak mendatangi - mu dengan ampunan sepenuh bumi pula, ” (hr. tirmidzi nomor. 3540. abu isa berkata kalau hadits ini ghorib. syaikh (AL) albani berkata kalau hadits ini shahih).

hadits di atas menampilkan kalau allah betul - betul maha pengampun. tiap dosa –baik dosa kecil, dosa besar, dosa syirik terlebih lagi dosa kekufuran - dapat diampuni sepanjang seorang bertaubat saat sebelum datangnya kematian meski dosa itu sepenuh bumi.

perihal ini dikuatkan pula pada ayat dalam (AL) qur’an, allah ta’ala berfirman,

“katakanlah, “hai hamba - hamba - ku yang malampaui batasan terhadap diri mereka seorang diri, janganlah kalian berputus asa dari rahmat allah. sebetulnya allah mengampuni dosa - dosa seluruhnya. sebetulnya dia - lah yang maha pengampun lagi maha penyayang, ” (qs. az zumar: 53).

ibnu katsir berkata, ”ayat yang mulia ini berisi seruan kepada tiap orang yang berbuat maksiat baik kekafiran dan juga yang lain buat lekas bertaubat kepada allah. ayat ini mengabarkan kalau allah hendak mengampuni segala dosa untuk siapa yang mau bertaubat dari dosa - dosa tersebut, meski dosa tersebut sangat banyak, bagai buih di lautan, ” (tafsir (AL) qur’an (AL) ‘azhim, ibnu katsir, 12/138 - 139, muassasah qurthubah).

ayat ini menampilkan kalau allah hendak mengampuni tiap dosa meski itu dosa kekufuran, kesyirikan, dan juga dosa besar (serupa zina, menewaskan dan juga minum minuman keras).

sebagaimana ibnu katsir berkata,

”berbagai hadits menampilkan kalau allah mengampuni tiap dosa (tercantum pula kesyirikan) bila seorang bertaubat. janganlah seorang berputus asa dari rahmat allah meski begitu banyak dosa yang dia jalani karna pintu taubat dan juga rahmat allah begitu luas, ” (tafsir (AL) qur’an (AL) ‘azhim, 12/140).






( sumber: islampos. com )
Sebesar Apa pun Dosamu, Percayalah Allah Maha Pengampun Reviewed by Unknown on Juli 01, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by MencariSenja © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.