Top Ad unit 728 × 90

Puasa Arafah Sehari Sebelum Lebaran Idul Adha, Ini Keutamaannya

Puasa saat sebelum idul adha biasa diucap dengan puasa arafah, hukum melakukan ibadah puasa arafah merupakan sunnah muakkadah ataupun amat diajarkan untuk segala kalangan muslimin.

puasa arafah ini dicoba pada bertepatan pada 9 dzulhijjah, pas pada waktu jamaah haji lagi melakukan ibadah wukuf di arafah, tepatnya satu hari saat sebelum hari raya idul adha. setimpal dengan keputusan kementrian agama indonesia dan juga mahkamah saudi yang secara serentak melaporkan kalau 1 dzulhijjah jatuh pada hari rabu, 23 agustus 2017, hingga puasa arafah tahun 2017 ini jatuh pada hari kamis (31/8/2016) , dan juga hari raya idul adha jatuh pada hari setelahnya, ialah hari jumat, 1 september 2017.


imam nawawi dalam (AL) majmu’ syarh (AL) muhaddzab (6: 428) mengatakan, “adapun hukum puasa arafah bagi imam syafi’i dan juga ulama syafi’iyah: disunnahkan puasa arafah untuk yang tidak berwukuf di arafah. ada juga orang yang lagi berhaji dan juga dikala itu berposisi di arafah, bagi imam syafi’i, dia berkomentar kalau disunnahkan untuk jamaah haji buat tidak berpuasa karna terdapatnya hadits dari ummul fadhl. ”

ibnu muflih dalam (AL) furu’ - yang menggambarkan kitab pegangan madzhab hanbali - (3: 108) berkata, “disunnahkan melakukan puasa pada 10 hari kesatu dzulhijjah, lebih - lebih lagi puasa pada hari kesembilan, ialah hari arafah. demikian disepakati oleh para ulama. ”

puasa arafah mempunyai sebagian keistimewaan dan juga keutamaan, antara lain:

1. allah swt hendak mengampuni dosa - dosanya sepanjang 2 tahun, ialah tahun kemudian dan juga tahun yang hendak tiba.

2. allah swt hendak menjaganya buat tidak berbuat dosa sepanjang 2 tahun.

3. insyaallah dibebaskan dari api neraka.

dalil yang tegas tentang keutamaan puasa arafah ini merupakan hadits dari abu qatadah al - anshari radhiallahu ‘anhu kalau rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ditanya tentang puasa hari arafah, dia menanggapi, “puasa arafah dihitung di sisi allah bagaikan menghapus (dosa) tahun sebelumnya dan juga tahun sesudahnya”. (hr. muslim)

ada juga orang yang berhaji tidak disunnahkan buat melakukan puasa arafah. perihal ini sebagaimana sempat dicoba oleh rasulullah shallallahu alaihi wasallam, serupa dipaparkan dalam hadits ummu fadhl berikut,



“dari ummul fadhl binti (AL) harits, kalau orang - orang berbantahan di dekatnya pada hari arafah tentang puasa nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. sebagian mereka berkata, ‘beliau berpuasa. ’ sebagian yang lain berkata, ‘beliau tidak berpuasa. ’ hingga ummul fadhl mengirimkan semangkok susu kepada dia, kala dia lagi menyudahi di atas unta dia, hingga dia meminumnya. ” (hr. muslim)


terdapatkah perihal lain yang dapat kita jalani buat memperoleh kemuliaan yang lain?

di samping berpuasa pada hari arafah, diajarkan pula buat perbanyak amal - amal shalih yang lain serupa shalat sunnah, sedekah, zikir, takbir, tilawah quran, berbakti kepada orang tua, dan juga amal - amal shalih yang lain.

buat itu, puasa arafah hendaknya kita pergunakan peluang semaksimal bisa jadi.

insya allah, amalannya dapat meninggikan derajat, perbanyak catatan kebaikan, dan juga pula menghapuskan dosa - dosa.

menimpa pengampunan dosa dari puasa arafah, para ulama berselisih komentar. terdapat yang berkata kalau yang diartikan merupakan dosa kecil. imam nawawi rahimahullah berkata, “jika bukan dosa kecil yang diampuni, moga dosa besar yang diperingan. bila tidak, moga ditinggikan derajat. ” (syarh shahih muslim, 8: 51) sebaliknya bila memandang dari uraian ibnu taimiyah rahimahullah, bukan cuma dosa kecil yang diampuni, dosa besar dapat terampuni karna hadits di atas sifatnya universal. (amati majmu’ (AL) fatawa, 7: 498 - 500).

sehabis kita mengenali keutamaan puasa arafah ini, tinggal yang berarti prakteknya. ingat, hari arafah cuma sekali dalam setahun, inilah puasa yang amat utama sehabis puasa ramadhan. sampaikan pada keluarga dan juga kerabat kita yang lain, itu lebih berguna. tidak hanya mampu pahala, pula jadi amal jariyah kita karna telah mengajak teman berbuat baik.

“barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan hingga ia hendak memperoleh pahala serupa pahala orang yang mengerjakannya” (hr. muslim).






( sumber: kabarmakkah. com )
Puasa Arafah Sehari Sebelum Lebaran Idul Adha, Ini Keutamaannya Reviewed by Unknown on Agustus 28, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by MencariSenja © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.