Top Ad unit 728 × 90

Qatar Siapkan 220 Triliun Dolar AS Selamatkan Turki dari Krisis Ekonomi

 mengalami krisis ekonomi yang menyerang negaranya, presiden turki recep tayyip erdogan terus bergerilya buat menyelamatkan ekonomi negaranya.

amat baru, turki menciptakan sang calon penyelamat yang hendak menolong menarik negeri ini dari jurang krisis ialah qatar.

negara timur tengah itu berjanji hendak menginvestasikan dana sampai 15 miliyar dolar as (ataupun dekat rp 220 triliun) di turki.

paket investasi itu diumumkan usai pertemuan emir qatar sheikh tamim bin hamad bin angkatan laut (AL) thani dengan erdogan di ankara, rabu (15/8/2018).

pertemuan ini diselenggarakan kala turki tengah bergulat dengan kejatuhan mata uangnya, lira, memburuknya utang dan juga kebuntuan politik dengan amerika serikat (as).

lira sudah merosot dekat 40 persen terhadap dolar as di tahun ini, didorong oleh kekhawatiran atas pengaruh erdogan yang terus menjadi besar terhadap ekonomi dan juga seruan kembali buat senantiasa mempraktikkan suku bunga yang lebih rendah walaupun inflasi turki besar.

penyusutan tajam lira telah memunculkan kekhawatiran tentang ketahanan zona perbankan turki dan juga menimbulkan lonjakan di pasar global.

sumber di pemerintah turki yang dilansir reuters berkata dana investasi qatar itu hendak disalurkan ke bank dan juga pasar keuangan turki.

“dukungan turki buat qatar sepanjang konflik dengan arab saudi kesimpulannya terbayar. ayo kita amati apakah Cina dan juga rusia hendak menjajaki, ” kata regu ash, pakar strategi pasar tumbuh bluebay asset management llc di london kepadabloomberg.

tidak hanya mencari aliansi baru, erdogan pula berupaya membetulkan hubungannya dengan sekutu tradisional yang lain di eropa, serupa jerman.

erdogan berdialog dengan kanselir jerman angela merkel pada rabu (15/8). dia pula hendak berdialog dengan presiden prancis emmanuel macron pada kamis ini.

“tidak banyak yang dapat dicoba oleh jerman, ” kata holger schmieding, kepala ekonom berenberg di london kepada bloomberg. baginya, tiap dorongan yang jerman bagikan saat ini hendak jadi kecil dibanding dengan permasalahan yang dialami turki.

kejatuhan lira membikin turki ketar - ketir. karena, utang luar negara swasta turki terbilang besar.

informasi bank sentral turki mencatat, keseluruhan industri turki mempunyai utang bersih dalam valuta asing sebanyak us$ 217 miliyar.

jumlah itu setara 25 persen produk dalam negeri bruto (pdb) turki.

celakanya, bagi informasi bloomberg, terdapat dekat utang obligasi valas senilai us$ 16 miliyar yang hendak jatuh tempo pada akhir tahun ini.


( sumber: tribunnews. com )
Qatar Siapkan 220 Triliun Dolar AS Selamatkan Turki dari Krisis Ekonomi Reviewed by Unknown on Agustus 22, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by MencariSenja © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.