Top Ad unit 728 × 90

Mengapa Baca Surat Al-Kahfi Dianjurkan Hari Jum’at? Ini Penjelasan Hadits

 benda siapa membaca surah al - kahfi pada hari jum’at, tentu dia hendak diterangi oleh sinar antara 2 jumat, ” (hr hakim 3349).

muaz ibnu anas al - juhari, nabi saw bersabda: “siapa yang membaca dari surah al - kahfi, hingga jadilah menurutnya sinar dari kepala sampai kakinya dan juga siapa yang membaca keseluruhannya, hingga jadilah menurutnya sinar antara langit dan juga bumi, ” (hr ahmad).

rasulullah saw bersabda: “barang siapa membaca surah Al kahfi pada hari jum’at, hingga dajjal tidak dapat memudharatkannya, ” (hr - dailami).

nabi muhammad saw telah memerintahkan buat membaca awal - awal tulisan Al kahfi supaya terlindung dari fitnah dajjal. dalam riwayat lain disebutkan akhir - akhir tulisan Al kahfi yang dibaca. intinya, tulisan Al kahfi yang dibaca dapat dini ataupun akhir tulisan. dan juga yang lebih sempurna merupakan menghafal segala ayat dari tulisan tersebut.

dari abu darda’, nabi saw bersabda: “barang siapa menghafal 10 ayat kesatu dari tulisan Al kahfi, hingga dia hendak terlindungi dari (fitnah) dajjal, ” (hr. muslim).

imam nawawi ra mengatakan, “ (mengapa yang diajarkan buat dibaca merupakan tulisan Al kahfi? ) karna di dini tulisan tersebut ada ayat - ayat yang luar biasa. siapa yang ingin merenungkannya, tentu dia hendak terlindungi dari fitnah dajjal. sebagaimana pula dalam akhir - akhir ayat tulisan tersebut, allah berfirman,

“maka apakah orang - orang kafir menyangka kalau mereka (mampu) mengambil (hamba - hamba - ku jadi penolong tidak hanya saya? ) , ” (qs. Al kahfi: 102) ” (syarh shahih muslim, 6: 93).

dan juga di antara waktu yang tersadu buat membaca tulisan Al kahfi merupakan di hari jum’at.


( sumber: islampos. com )
Mengapa Baca Surat Al-Kahfi Dianjurkan Hari Jum’at? Ini Penjelasan Hadits Reviewed by Unknown on Agustus 22, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by MencariSenja © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.